Sabtu, 30 April 2011

Enam Strategi Pembangunan Pemerintah SBY

JAKARTA - Dalam pidato kepresidenan pagi ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan paradigma pembangunan di Indonesia yang telah diterapkan oleh pemerintahannya.

Bahkan pidato SBY pada hari ini bertema Pembangunan untuk Semua atau Development for All. Menurut DBY, negara tidak boleh membeda-bedakan warga negaranya. Setiap warga negara bersamaan kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan.

"Karena itu, negara harus memastikan agar tidak ada kelompok-kelompok masyarakat yang tertinggal dalam proses pembangunan," ujarnya dalam sidang paripurna khusus Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia di gedung DPR, Jakarta, Rabu (19/8/2009).

Paradigma Pembangunan untuk Semua dalam konteks Indonesia, kata SBY, hanya dapat dilakukan dengan menerapkan enam strategi dasar pembangunan. Pertama, menerapkan strategi pembangunan yang inklusif, yang menjamin pemerataan dan keadilan, serta mampu menghormati dan menjaga keberagaman rakyat Indonesia.

"Dalam kerangka pembangunan yang inklusif ini, pemerintah telah menjalankan berbagai macam kebijakan. Di antaranya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri," ujarnya.

Kedua, pembangunan Indonesia haruslah berdimensi kewilayahan. Ketiga, menciptakan integrasi ekonomi nasional dalam era globalisasi. Keempat, pengembangan ekonomi lokal di setiap daerah, guna membangun ekonomi domestik yang kuat secara nasional.

Strategi pembangunan kelima adalah keserasian antara pertumbuhan dan pemerataan, atau Growth with Equity. Oleh sebab itu, pemerintah menerapkan Program Keluarga Harapan (PKH), , BLT, Jamkesmas, BOS, dan Kredit Usaha Kecil (KUR). "Strategi demikian juga merupakan koreksi atas kebijakan pembangunan terdahulu, yang dikenal dengan trickle down effect," ujarnya.

Adapun strategi yang terakhir adalah pembangunan yang menitik-beratkan pada kemajuan kualitas manusianya. Manusia Indonesia bukan sekedar obyek pembangunan, melainkan justru subyek pembangunan. Sumber daya manusia menjadi aktor dan sekaligus fokus tujuan pembangunan, sehingga dapat dibangun kualitas kehidupan manusia Indonesia yang makin baik.

from :: http://news.okezone.com/read/2009/08/19/1/249296/enam-strategi-pembangunan-pemerintah-sby

Tidak ada komentar:

Posting Komentar