Senin, 30 Juni 2014

PERHITUNGAN BIAYA MODAL PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Proses perhitungan biaya modal perusahaan multinasional
Jika investasi luar negeri dievaluasi dengan menggunakan model arus kas terdiskonto, maka tingkat diskonto yang tepat harus dikembangkan. Teori penganggaran modal secara khusus menggunakan biaya modal perusahaan sebagai tingkat diskontonya, dengan demikian suatu proyek harus menghasilkan pengembalian yang setidaknya sama dengan biaya modal perusahaan agar dapat diterima. Tingkat patokan (hurdle rate) ini berkaitan dengan proporsi utang dan ekuitas dalam struktur keuangan perusahaan sebagai berikut :


Ka      =   rata-rata tertimbang biaya modal (setelah pajak)
Ke      =   biaya ekuitas
Ki       =   biaya utang sebelum pajak
E        =   nilai ekuitas perusahaan
D        =   nilai utang perusahaan
S        =   nilai stuktur modal perusahaan (E + D)
T        =   tarif pajak marginal
Tidaklah mudah untuk mengukur biaya modal sebuah perusahaan multinasional. Biaya modal ekuitas dapat dihitung dengan beberapa cara. Satu metode yang populer menggabungkan ekspektasi pengembalian dividen dengan ekspektasi tingkat pertumbuhan dividen. Dengan mengasumsikan Di = ekspektasi dividen per lembar saham pada akhir periode. Po = harga pasar kini saham pada awal periode dan g = ekspektasi tingkat pertumbuhan dalam dividen, biaya ekuitas, Ke dihitung sebagai berikut Ke = Di/Po + g. Meskipun modal untuk mengukur harga kini saham, di kebanyakan negara di mana saham-saham perusahaan multinasional tercatat, seringkali cukup sukar untuk mengukur Di dan g. Pertama-tama karena Di merupakan ekspektasi. Ekspektasi dividen tergantung pada arus kas operasi perusahaan secara keseluruhan. Pengukur arus kas ini diperumit oleh pertimbangan faktor-faktor lingkungan. Terlebih lagi pengukuran tingkat pertumbuhan dividen suatu fungsi ekspektasi arus kas masa depan diperumit oleh kontrol valuta asing dan restriksi pemerntah lainnya dalam transfer dana lintas batas.

Pertimbangan pajak lainnya juga berlaku apabila sebuah perusahaan multinasional meminjam dana pada beberapa pasar modal hear negeri. Tarif pajak kini dan prospektif di masing-masing pasar luar negeri selama masa pinjaman harus dipertimbangkan. Status pembayaran bunga yang dapat dikurangkan pajak harus diperiksa lagi, karena tidak semua otoritas pajak nasional mengakui pengurangan bunga (khususnya jika pinjaman yang terkait dilakukan antarpihak-pihak yang berhubungan istimewa). Lagi pula, pengakuan pajak tang guhan, yang timbal pada saat laba untuk keperluan pajak berbeda dari laba untuk keperluan pelaporan eksternal, menjadi praktik yang diterima secara umum di banyak negara-negara industri maju yang menjadi tempat operasi MNC. Karena pajak tangguhan dianggap sebagai kewajiban tanpa bunga yang perlu dibayar, orang dapat bertanya apakah pajak tangguhan ini benar-benar merupakan suatu sumber pendanaan tanpa bunga dan harus dimasukkan dalam menentukan biaya modal. Meskipun gagasan ini memiliki beberapa masukan ber harga, kami tidak menyakini bahwa perhitungan biaya modal harus memasukkan pajak tangguhan.
Untuk mengimplementasikan teori penganggaran modal internasional dalam praktik, tidaklah selalu langsung dan tidak mudah dilaksanakan. Dalam praktik nyata, aspek proses penganggaran modal yang paling sukar dan paling penting adalah memperoleh informasi yang akurat dan tepat waktu, khususnya dalam lingkungan internasional, di mana perbedaan iklim, budaya, bahasa, dan teknologi informasi makin memperumit masalah ini.

Menganalisa varians nilai tukar
1. INFORMASI FINANSIAL

Penilaian kinerja finansial diukur berdasarkan pada anggaran yang telah dibuat. Penilaian tersebut dilakukan dengan menganalisis varians (selisih atau perbedaan) antara aktuaql dengan yang dianggarkan.

Analisis varians secara garis besar berfokus pada:

a. Varians pendapatan (revenue variance)

b. Varians pengeluaran (expenditure variance)

- Varians belanja rutin (recurrent expenditure variance)

- Varians belanja investasi/modal (capital expenditure variance)

Setelah dilakukan analisis varians, maka dilakukan identifikai sumber penyebab terjadinya varians dengan menelusur varians tersebut hingga level manajemen paling bawah.

2. Informasi Nonfinansial

Informasi nonfinansial dapat dijadikan sebagai tolok ukur lainnya. Informasi nonfinansial dapat menambah keyakinan terhadap kualitas proses pengendalian manajemen. Teknik pengukuran kinerja yang komprehensif yang banyak dikembangkan oleh berbagai organisasi dewasa ini adalah balance scorecard. Dengan balance scorecard kinerja organisasi diukur tidak hanya berdasarkan aspek financial saja, akan tetapi juga aspek nonfinansial. Pengukuran dengan metode balance scorecard melibatkan empat aspek, yaitu:

1. Perspektif financial (financial perspective),

2. Perspektif kepuasan pelanggan (costumer perspective),

3. Perspektif efisiensi proses internal (internal process efficiency), dan

4. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (learning and growth perspective).
 Sumber : 

3 komentar:

  1. Acquire one-three years tax returns or a existing financial statement in order that the attorney may go around several of your financial data processing before being wondered with regards to Selecting a divorce attorney is really a vital making decisions process. The one who anyone hire is going to be in charge of acquiring or preserving your custody of the children protection under the law on your children, your home hobbies, and also based upon the medial side you are one, sometimes reducing or making the most of your assistance legal rights.
    virginia divorce attorney
    This can be a time and energy to move on with your lifetime, and appear on the upcoming, sufficient reason for these pointers, happen to be on the right path for you to performing that. Choosing an Or divorce attorney is definitely an essential decisions process. The particular expert which team you employ will probably be in control of receiving or maintaining your legal hobbies with your youngsters, your own materials control, as well as your earnings. In fact, holding onto the Oregon divorce attorney is yet another remarkably tough task.

    BalasHapus
  2. http://ec-stroiprogress.ru/node/6520
    http://ecowhite.co.kr/xe/?document_srl=402674
    http://en-venta.com.bo/user/profile/144770
    http://encantopalabrascaldas.com/content/katrina-kaif-i-want-break-boundaries
    http://ernestmoses.com/content/katrina-kaif-ileana-dcruz-b-town-beauties-think-akshay-kumar-looks-cool-uniform
    http://erskinevillemosque.com.au/top/index.php?a=stats&u=alfonzoparry
    http://etm-book.com/node/26998
    http://evrymusic.com/groups/katrina-kaif-is-much-more-successful-than-i-imagined-mahesh-bhatt/
    http://famfonts.com/ranking/index.php?a=stats&u=laylanock785801
    http://felix.ind.in/ats/index.php?a=stats&u=jilliangoldhar

    BalasHapus
  3. http://www.humanamente.eu/index.php/component/k2/itemlist/user/555069
    http://www.hunt4fortune.co.za/index.php/component/k2/itemlist/user/123258
    http://www.hutmacher-gmbh.de/?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=160977
    http://www.hydro-ekspert.pl/?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=139795
    http://www.iberbraqui.com/?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=599
    http://www.icongress.gr/?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=13399
    http://www.ierbil.com/?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=217704
    http://www.ilvillaggiodiarmando.com/index.php/component/k2/itemlist/user/11449
    http://www.imcico.com/component/k2/itemlist/user/16796
    http://www.imperialplaza.vn/?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=29964

    BalasHapus